Selasa, 17 Maret 2009

Tentang Ozon...

Tahukah anda seberapa penting lapisan ozon?
Lapisan ozon adalah sebuah lapisan yang menyelimuti bumi kita,lapisan ini terdiri dari 3 atom oksigen yang membentuk O3.
Lapisan ini memiliki fungsi yang vital bagi bumi ini. Ibarat sebuah tameng, ozon adalah tamengnya.
Namun, apa yang terjadi jika bumi kita tidak memiliki tameng yang kuat? tameng yang tebal ?
Jawabannya sudah pasti akan kalah oleh serangan musuh yang kita ibaratkan sebagai sinar matahari.
Sinar matahari memiliki banyak energi jahat berupa radiasi yang harus disaring dahulu oleh ozon,tetapi apa yang terjadi jika ozon bolong,tentu saja energi negatif itu akan datang tanpa hambatan.
Salah satu perusak ozon adalah gas CFC. CFC digunakan oleh masyarakat modern untuk pendinginan lemari es, bahan dorong dalam penyembur, pembuatan buih dan bahan pelarut terutama bagi kilang-kilang elektronik. CFC dapat membuat ozon(O3) terpecah dan menyebabkan bolongnya lapisan ozon. CFC memiliki masa hidup yang sangat lama,bahkan mencapai ratusan tahun. Bisa dibayangkan, dengan hanya 1 molekul CFC dapat menghancurkan jutaan molekul ozon.

Apakah ada akibat yang ditibulkan dari rusaknya ozon?
Tentu banyak sekali akibatnya. hal ini dapat membuat efek pada kesehatan manusia, memusnahkan kehidupan laut, ekosistem, mengurangi hasil pertanian dan hutan.
efek tersebut juga bisa merembet ke masalah efek rumah kaca yang pernah saya tulis disini.
tentu hal-hal tersebut sangat mengerikan karena sangat membahayakan banyak makhluk di bumi karena ulah satu mahkluk yang pintar dan berakal : manusia.
Agar penipisan ozon tersebut tidak berlanjut yang kita harus kita lakukan tentu saja dengan cara menjaga lingkungan hidup dan terus menjaga keseimbangan bumi.
Ayo kita menjaga lingkungan kita!!!!!

0 komentar:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Real Estate. Powered by Blogger