Minggu, 22 Maret 2009

Hari air sedunia....

Setujukah anda dengan kalimat,air adalah sumber kehidupan? menurut saya kalimat tersebut kurang tepat karena air adalah juga sumber bencana.
lihatlah jakarta sebagai contoh, setiap tahun banjir bisa dipastikan akan datang dan menggenangi ibukota,kenapa? karena air. kemudian anda bisa lihat banjir di sungai bengawan solo yang merugikan masyarakat,itu juga karena banjir. kenapa? air lah penyebabnya.
Namun, air bisa membuat segalanya menjadi lebih baik, jika anda haus apa yang anda lakukan. air adalah jawabannya.
Disini kita dapat melihat air seperti dua sisi mata koin, kadang baik,kadang buruk. Namun, bisakah anda lihat sesuatu di balik musibah-musibah itu? kalau yang ini manusialah jawabannya.

Memperingati hari air sedunia, marilah kita menjaga air sebgai sumber daya yang bermanfaat. sesuai dengan tema hari air tahun 2009 yang jatuh pada tanggal 22 maret, tranboundry of water( pengelolaan air) maka kita sebagai manusia harus selalu memanfaatkan air dengan baik dan benar sehingga kejadian dan musibah tidak akan di kemudian hari.
hal-hal yang harus kita lakukan adalah :

  • hal pertama yang harus kita lakukan adalah menjaga kelangsungan air dengan cara tidak membuangnya secara percuma.
  • tidak mengotori dan mencemari air dengan membuang limbah sembarangan. selain air menjadi tidak bisa dipakai, ekosistem pun menjadi rusak
  • mengapa setiap musim hujan, jakarta selalu tergenang dan di musim kemarau air hilang seperti ditelan bumi? jawabannya tentu karena pengelolaan air yang buruk. di musim hujan air tidak mendapat tempat yang cukup sehingga sesuai dengan sifat air yang menempati ruang, maka banjirlah yang terjadi.maka untuk menghindari banjir adalah dengan mengelola air dengan baik dan yang pasti ini tugas pemerintah.
  • terakhir adalah mencegah global warming dengan memperbaiki lingkungan hidup dan sistem resapan

itulah beberapa hal yang harus kita perhatikan sebagai manusia yang baik dan beradab.
manfaatkanlah air dengan baik karena kita harus bisa menjadi manusia yang menghargai alam. ok, selamat hari air sedunia!!!!

0 komentar:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Real Estate. Powered by Blogger